Wisata Agro Belimbing Karangsari Hadirkan Kuliner Bakso Belimbing

Kedai bakso belimbing di Agro Wisata Belimbing Karangsari.(Ist)
Kedai bakso belimbing di Agro Wisata Belimbing Karangsari.(Ist)

PACITANTIMES, BLITAR – Bagi Anda yang sedang berada di Kota Blitar dan ingin berwisata kuliner, ada satu tempat yang bisa Anda kunjungi. Datanglah ke Kelurahan Karangsari dan nikmati aneka kuliner berbahan dasar belimbing.

Salah satunya bakso belimbing, yang hanya bisa Anda nikmati di tempat ini. Dari luar bakso belimbing memang terlihat tak berbeda dengan sajian bakso pada umumnya. Namun begitu dibelah di dalam makanan berbentuk bulat tersebut terdapat oseng belimbing yang bercita rasa asam pedas. 

"Rasanya khas karena ada asem-asemnya dari belimbing. Beda dengan rasa bakso pada umumnya," ungkap Eli salah satu pelanggan di kedai bakso belimbing yang dikelola Indah, warga Jalan Salak, Kelurahan Karangsari. 

Indah (40) pemilik kedai bakso belimbing mengungkapkan, tercetusnya ide membuat bakso belimbing ini muncul saat dirinya mengikuti pelatihan yang diadakan Asna Rosidah penggiat UMK di Kelurahan Karangsari.

"Awalnya saya ikut pelatihan, kemudian saya dapat pekerjaan rumah dari Bu Asna untuk membuat kreasi dari belimbing. Kemudian saya coba bikin bakso belimbing dan ternyata sangat diminati oleh penggemar bakso," katanya. 

Dalam sehari tak kurang dari 100 biji bakso sapi berisi belimbing ludes diserbu pembeli. Rata-rata pembeli adalah kaum milenial yang penasaran dengan makanan unik ini. Selain unik harga bakso belimbing ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5 ribu,  semangkok bakso belimbing sudah bisa dinikmati.

"Biasanya yang datang anak-anak sekolah, ada juga warga dari luar kota yang penasaran dengan rasa bakso belimbing," jelasnya.

Indah menjelaskan, proses pembuatan bakso belimbing ini sama seperti bakso pada umumnya. Pertama adonan daging sapi giling disiapkan. Kemudian belimbing diparut setelah itu ditumis menggunakan bumbu dan cabai. Kemudian adonan bakso dibentuk dan diisi dengan oseng belimbing lalu direbus. "Kalau sudah matang kemudian bakso diangkat dan siap disajikan dengan pelengkap lainya seperti somay dan gorengan," pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pacitantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pacitantimes.com | marketing[at]pacitantimes.com
Top