Rumah Kos Ambruk di Singosari, Camat Keluhkan Warga yang Masih Buang Sampah ke Sungai

Pengangkatan motor terakhir penghuni rumah kos yang ambruk di Desa Losari Kecamatan Singosari dengan menggunakan alat berat milik TPU. (Luqmanul Hakim/Malang Times)
Pengangkatan motor terakhir penghuni rumah kos yang ambruk di Desa Losari Kecamatan Singosari dengan menggunakan alat berat milik TPU. (Luqmanul Hakim/Malang Times)

PACITANTIMES, MALANG – Sebuah rumah jos milik Siswanto di Desa Losari, Kecamatan Singosari, yang berada di bantaran Sungai Kalimati, ambruk. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB Selasa (9/4) tersebut membuat rumah kos itu rata dengan tanah.

Peristiwa tersebut membuat warga heboh dan akhirnya melapor ke perangkat desa. Namun, sebelum kajadian yang menimpa warga Losari tersebut, sebelumnya juga terjadi  bencana ambruknya pelengsengan yang mengakibatkan sebagian warung yang berada di Desa Tejosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, ambruk pada Kamis (4/4/2019) lalu. Kejadian tersebut juga berlokasi di bantaran Sungai Kalimati yang mengalir ke Desa Losari.

Atas kejadian tersebut, Camat Singosari Eko Margianto mengatakan bahwa pihaknya sudah membuat laporan kepadan instansi pemerintahan terkait. Selain itu, ia membeberkan bahwa kejadian tersebut juga disebabkan perilaku warga yang masih membuang sampah sembarangan.

"Kami sudah lakukan berbagai upaya seperti sosialisasi sampai operasi yustisi sampah. Tapi budaya masyarakat membuang sampah ke sungai itu masih tinggi," ujar Eko.

Untuk tindak lanjut kejadian tersebut, pihaknya sudah melakukan pembersihan terhadap puing - puing reruntuhan yang menutupi aliran  sungai dibantu oleh warga, koramil, serta Yonarmed 1/ Roket Kostrad. Eko menargetkan pembersihan puing harus selesa malam ini mengingat intensitas curah hujan di Malang dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi. "Biar nanti kalau hujan, airnya tidak banjir," ucapnya. 

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pacitantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pacitantimes.com | marketing[at]pacitantimes.com
Top