Ruas Tol Mapan Seksi V Bergeser Lagi, Biaya Bengkak

Salah satu seksi ruas tol mapan (Luqmanul Hakim/Malang Times)
Salah satu seksi ruas tol mapan (Luqmanul Hakim/Malang Times)

PACITANTIMES, MALANG – PT Jasa Marga Tbk, akan menggeser ruas tol Mapan di kilometer 37 sejauh 17 meter ke arah timur. Pergeseran tersebut merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian situs Sekaran yang secara tidak sengaja oleh petugas proyek pembangunan tol.

Hal tersebut dikatakan Agus Purnomo Direktur Utama Pt Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) kepada Malangtimes.com, Senin (15/4/2019). Ia mengatakan ruas tersebut akan bergeser 17 meter dari rencana semula yang hanya bergeser 8 meter. "Sesuai dengan berita acara pertemuan antara JPM dan BPCB trowulan terakhir, ruas tol Mapan di titik terdekat dengan temuan situs akan bergeser 17 meter ke arah timur," jelasnya.

Lanjutnya, ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mendiskusikan perihal tersebut dengan Pekerjaan Umum Bina Marga di Jakarta.

Akibat pergeseran tersebut, ia mengatakan akan adanya pembengkakan anggaran pembangunan tol tersebut. Tak hanya itu, pembangunan ruas tol tersebut juga semakin berhimpitan dengan sungai Amprong yang berada di sisi timur ruas tol sebelum digeser. "Masih jauh dari badan sungai, tapi sudah masuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Amprong, tanahnya miring," jelasnya.

Ia mengatakan untuk konstruksi yang digunakan pada ruas yang bergeser tersebut nantinya akan digunakan pile slab. Namun, untuk pergeseran tersebut, ia mengatakan masih harus melalui proses perencanaan dan perhitungan ulang terlebih dahulu. "Ini perlu adanya penyelidikan, mulai dari struktur tanah, berapa tambahannya, itu belum bisa diputuskan saat ini," pungkasnya.

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pacitantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pacitantimes.com | marketing[at]pacitantimes.com
Top