Jelang Puasa, Ini Tips Sahur Sehat Agar Tak Lemas di Hari Pertama

Ilustrasi (pesona.com).
Ilustrasi (pesona.com).

PACITANTIMES, MALANG – Bulan Ramadan kembali menyapa. Tak terasa, dalam hitungan jam kita akan menjalankan ibadah puasa di hari pertama. Satu hal yang nggak boleh terlewatkan selama bulan puasa adalah sahur.

Karena sahur menjadi salah satu bagian terpenting dalam puasa, sama dengan kebutuhan tubuh untuk sarapan pagi. Dengan demikian, asupan yang dikonsumsi saat sahur memang harus benar-benar memenuhi kebutuhan puasa selama satu hari penuh ya gengs.

Berikut ini tips sahur sehat agar tetap fit selama satu hari penuh saat menjalani puasa. Paling pertama yang harus diperhatikan adalah meminum air putih terlebih dulu. Usahakan meminum air putih secukupnya agar tak sampai kekurangan cairan selama satu hari penuh.

Selain meminum air putih yang cukup, mengonsumsi buah juga dianjurkan saat sahur. Namun jangan dengan jumlah yang berlebihan ya gengs. Konsumsi buah secukupnya saja, terutama buah-buahan yang mengandung elektrolit seperti pisang.

Selain itu, agar tak lemas, disarankan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat besi. Salah satunya seperti mengkonsumsi jus tanpa gula, untuk mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh.

Di sisi lain, cobalah untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Karena makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, karena itu Anda akan cepat merasa lapar. Lebih baik memilih makanan manis alami, seperti gula aren atau madu.

Untuk mengontrol kadar gula yang berlebihan, ada baiknya juga mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian.

Selain itu, tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan juga sangat baik dikonsumsi saat sahur. Hindari menggoreng makanan saat sahur. Karena makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen, dan dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

Itu dia sedikit tips sahur sehat untuk mengawali puasa kalian. Semoga bermanfaat ya gengs, dan selamat mencoba. 

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]pacitantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]pacitantimes.com | marketing[at]pacitantimes.com
Top