H Eko Susilo Nurhidayat, Ketua DPD KADIN Kerakyatan Banyuwangi Memakai Jaket Dibantu Ketua KADIN Provinsi Jatim (Nurhadi/ Banyuwangi JatimTIMES)
H Eko Susilo Nurhidayat, Ketua DPD KADIN Kerakyatan Banyuwangi Memakai Jaket Dibantu Ketua KADIN Provinsi Jatim (Nurhadi/ Banyuwangi JatimTIMES)

Salah satu program kerja yang dilaksanakan KADIN Kerakyatan Banyuwangi adalah mendukung program pengurus pusat dan KADIN Provinsi Jawa Timur, yakni meningkatkan kapasitas dan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai hulu sampai dengan hilir. Pernyataan tersebut disampaikan H Eko Susilo Nurhidayat. 

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Kadin Banyuwangi usai acara Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Banyuwangi 2020-2025 yang digelar di Ruang Rapat Khusus DPRD Kabupaten Banyuwangi Sabtu (22/02/2020).

Menurut, H Eko Susilo, program jangka pendek yang akan dilakukan oleh Pengurus  KADIN Kerakyatan Banyuwangi adalah melakukan audiensi dengan Bupati Banyuwangi, Ketua DPRD dan Forpimda Kabupaten Banyuwangi lain.

"Target yang ingin kami capai adalah memberdayakan UMKM dan kami akan merangkul semua pengusaha baik kecil menengah dan pengusaha besar untuk bersama-sama melakukan banyak hal dengan KADIN Kerakyatan," jelas dia.

Pengusaha asal Glenmore itu menambahkan pihaknya juga berupaya mendorong Banyuwangi mengoptimalkan fungsi Pelabuhan Tanjungwangi untuk kegiatan ekspor/impor.

Menurut dia ada beberapa yang bisa diambil bila pelabuhan difungsikan secara optimal. Untuk mendukung upaya tersebut beberapa waktu  KADIN Kerakyatan sudah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu investor dari Australia terkait expor bothe yang betul-betul melibatkan masyarakat.

Ekspor Bothe yang akan dilakukan eksportir bisa mengirimkan semuanya mulai dari daun batang sampai dengan umbinya.

"Mohon doanya semoga KADIN Kerakyatan mampu memberikan manfaat lebih bagi masyarakat terutama upaya meningkatkan ekspor. Bagaimana ekspor dari Banyuwangi yang kaya potensi mulai dari perikanan perkebunan pertanian dan semuanya bisa optimal," imbuhnya.

H Eko berharap program kerja yang dirancang bisa gayung bersambut dengan stakeholder (pemangku kepentingan ) baik pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan khususnya pemerintah Indonesia di pusat.

Hadir dalam acara Pelantikan Pengurus KADIN Kerakyatan Kabupaten Banyuwangi Masa Bakti 2020-2025 dan Seminar Usaha Pendampingan UMKM Dari Hulu ke Hilir antara lain; Ketua Umum DPP Kadin  H Eddy Ganefo, Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Timur H Basa Alim Tualeka, Forpimda Banyuwangi, pengurus organisasi profesi, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta beberapa undangan lain.