Dokumentasi saat pengambilan soal ujian di Universitas Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Dokumentasi saat pengambilan soal ujian di Universitas Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Surat keberatan peserta penjaringan perangkat Desa Gombang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung sudah diterima panitia, Sabtu (23/02) kemarin. Hal itu diakui oleh Mualim, ketua panitia saat dikonfirmasi melalui jaringan selulernya.

Menurut Mualim, setelah diserahkan dirinya sempat menjelaskan pada sebelas peserta yang turut membubuhkan tanda tangan terkait proses setelah surat keberatan diterima olehnya.

"Tadi sudah kita jelaskan, mereka menerima apa yang kami sampaikan. Surat yang kami terima ini akan kita rapatkan dulu dengan panitia, hari Senin (24/02) besuk kita berikan balasan," kata Mualim.

Penjelasan yang disampaikan ke peserta yang telah mengirim surat keberatan adalah adanya pernyataan yang telah ditandatangani oleh peserta agar tidak melakukan gugatan atas segala keputusan panitia.

"Pernyataan itu bukan untuk mengkebiri peserta melakukan surat keberatan, tapi semata saat soal ujian datang segala proses sudah dilalui dengan benar dan diterima dalam keadaan tersegel," terang Mualim.

Jika kemudian ada surat keberatan atas pelaksanaan ujian, sebagai panitia dirinya memberikan lampu hijau karena itu merupakan hak peserta.

"Setelah surat keberatan kami balas, maka prosesnya juga kami serahkan pada pihak kecamatan dan bagian pemerintahan untuk memutuskan apakah ujian itu di ulang atau tidak," jelasnya.

Meski Mulaim menegaskan jika secara pribadi dirinya tidak melakukan apa yang ditulis pada surat keberatan termasuk kebocoran kunci jawaban.

"Jika oknum lain saya tidak tau, yang jelas saya tidak melakukan. Jika saya bermain, pasti saya akan membantu adik saya yang kebetulan juga ikut menjadi salah satu peserta ujian," tandasnya.

Mualim juga memastikan jika dalam melaksanakan tugasnya sebagai panitia tidak dibawah sumpah, menurutnya hal itu belum dilihat ada atau tidak dalam aturan pelaksanaan penjaringan dan penyaringan perangkat desa.

Sebelumnya, Surat keberatan terkait pelaksanaan pengisian perangkat desa Gombang Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, akhirnya dikirim ke panitia. Surat yang ditandatangani oleh 11 (sebelumnya diberitakan 10 peserta) itu meminta agar panitia melakukan ujian ulang karena banyak Kejanggalan yang dirasakan termasuk dugaan kebocoran kunci jawaban.

Poin pertama yang disampaikan adalah adanya nilai yang sangat Njomplang antara pemenang dan peserta lainnya.

Kemudian, para peserta heran dengan adanya surat pernyataan yang disodorkan panitia ke peserta yang berisi agar peserta tidak melakukan gugatan atas segala keputusan panitia.

Selain itu, dalam suratnya para peserta yang keberatan mengungkapkan indikasi salah satu calon yang mendapatkan nilai tertinggi merupakan kerabat kepala desa.

Atas temuan itu, sebelas peserta membubuhkan tanda tangan meminta agar diadakan ujian ulang.

Ada tiga peserta yang tidak membutuhkan tanda tangan dalam surat keberatan itu,  alasannya ada yang anaknya sakit, ada yang alasan sungkan karena masih saudara dengan calon yang punya nilai tinggi dan ada yang sungkan kepada ketua panitia karena masih saudara.